Header Ads

Ragam Manfaat Daun Kari / Korobelek

Daun Kari
Kalau kita mendengar istilah kari, pasti kita membayangkan rasa dan aroma dari masakan kari dan gulai ini.  terbayang akan bau harum rempah yang menggoda, bau harum yang terdapat dari DAUN KARI terasa enak untuk kuah yang dicampur dengan rasa pedas, asam dan rasa rempah yang gurih.

Pohon kari disebut juga salam koja, Korobelek atau temuru memiliki nama latin Murraya koenigii, merupakan jenis pohon berukuran kecil dengan tinggi maksimal mencapai + 4 – 6 meter dan diameter batang maksimal + 40 cm. Daunnya berbentuk menyirip seperti daun belimbing, hanya saja berukuran lebih kecil dan berwarna hijau tua mengkilap. Bunganya putih kecil, berkelompok dan memiliki aroma yang harum. Buahnya sendiri berbentuk bulat sebesar kacang tanah berwarna hijau kala muda dan berubah ungu tua ketika telah masak. untuk buahnya sendiri dapat dimakan akan tetapi di biji pohon kari mengandung Racun oleh sebab itu ketika buah sudah ranum/matang tidak akan diganggu dengan serangga dan burung.

Pohon kari berkembang biak melalui biji benih, keratan batang dan anak yang tumbuh dari akarnya. Selain ditanam di halaman rumah karena daunnya ia juga ditanam sebagai tanaman hias.

Hasil penelitian menunjukkan di dalam daun kari terkandung:
  • 66.3% pelembab
  • 6.1% protein
  • 1.0% lemak
  • 16.0% karbohidrat
  • 6.4% fiber
Daun kari juga mengandungi mineral dan vitamin seperti kalsium, fosforus, zat besi, asid nikotinik dan vitamin C. Ia juga mengandungi volatile oil dan sejenis glukosid yang disebut koenigiin.

Daun kari mempunyai khasiat herbal yang tinggi dan sangat banyak digunakan dalam pengobatan Ayurveda di India. Daun kari mempunyai nilai sebagai antioksidan, anti-diabetes, antimikrob, anti-inflamasi, Hepatoprotektor, anti-hiperkolesterolemia dan lain-lain lagi. Daun kari juga dikatakan baik untuk merawat rambut yang panjang dan sehat. Selain dari itu daun kari juga dapat mencegah uban. Kulit pokok, daun dan akar pokok daun kari digunakan sebagai tonik. Pucuk daun muda biasa dijadikan lalapan.


selain digunakan diberbagai masakan karena aromanya, tanaman kari ini juga memiliki khasiat yang yang banyak mulai dari daun, batangnya antara lain :


A. Untuk Perawatan Rambut

  • Mencegah Uban Prematur 

Daun kari atau daun salam koja merupakan salah satu bahan terbaik yang dapat membantu mencegah rambut Anda beruban lebih cepat dari yang seharusnya. Rambut yang beruban prematur umumnya disebabkan oleh ketidakseimbangan diet, konsumsi alkohol atau masalah genetik. Karena kandungan vitamin B didalamnya, daun kari dapat membantu untuk mengembalikan nutrisi dan warna di rambut Anda serta memperkuat akar dan membuat rambut tampak bersinar.


  • Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Dengan menggunakan daun kari secara teratur pada rambut, terbukti dapat membantu untuk meningkatkan pertumbuhan dan juga memperkuat akar rambut. Yang perlu dilakukan adalah mengambil beberapa daun kari dan mengeringkannya di bawah sinar matahari. Setelah itu, tumbuk daun kari hingga menjadi bubuk dan campurkan dengan satu sendok makan yogurt, kemudian oleskan pada akar rambut dan ujung-ujung rambut.


  • Membantu Untuk Mengurangi Kerontokan

Rambut rontok adalah masalah bagi banyak orang dan oleh karena itu ambil cara tepat untuk mengatasi masalah ini. Campur 2-3 lembar daun kari dan tambahkan beberapa tetes susu. Buatlah seperti masker yang kental kemudian aplikasikan pada akar rambut. Diamkan selama beberapa waktu, kemudian bilas.


  • Mencegah Rambut Menipis

Sekitar 70 persen wanita kerap mengalami masalah rambut yang mulai menipis karena ada beberapa faktor yang memengaruhi pertumbuhan rambut. Memiliki antioksidan yang kaya, daun kari dapat membantu untuk memperkuat folikel rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Tumbuk beberapa daun kari kemudian campurkan dengan bubuk cendana kemudian aplikasikan pada kulit kepala.


  • Mencegah Ketombe

Karena mengandung banyak antioksidan, daun kari dapat membantu untuk membasmi kulit kepala mati dan penumpukan folikel yang merupakan penyebab utama untuk ketombe. Daun kari juga kaya akan asam amino yang membantu untuk mengunci kadar air pada kulit kepala.


  • Dapat Menjadi Hair Tonic yang Baik

Daun kari juga bekerja sebagai tonik rambut yang bagus karena mereka membantu untuk menjaga kulit kepala lembab dan ternutrisi. Ambil segenggam daun kari dan didihkan bersama dengan 2-3 sendok makan minyak kelapa kemudian aplikasikan ke rambut saat sudah dingin. Kandungan vitamin B6 pada daun kari dapat membantu menguatkan akar rambut dan mengurangi rambut rontok.


  • Memperbaiki Akar Rusak 

Karena polusi dan berbagai perawatan kimia yang dilakukan pada rambut, akar rambut tentu akan menjadi rusak dan kering. Namun, karena nutrisi penting yang ditemukan dalam daun kari, ini dapat membantu untuk memperbaiki akar yang rusak. Hancurkan beberapa daun kari dan campurkan dengan minyak favorit dan pijat pada rambut secara menyeluruh.

Sumber
* Sindonews.com
* Wikipedia Indonesia : Salam soja

No comments

Powered by Blogger.