Header Ads

Budidaya Tanaman Strawberry di Rumah

siapa yang tidak mengenal Tanaman ini berbuah Nama Tanaman : Strawberry
Nama Latin : Fragaria

Cara Perkembangbiakan tanaman : Biji dan Perkembiakan Vegetatif/dari rimbang

merah dengan bintik hitam di luar daging buahnya


CARA MENANAM STRAWBERRY DI POLYBAG (POT)

Bagaimana cara menanam strawberry di dalam polybag?
ada dua cara pembibitan tanaman Straberry ini yaitu melalui Biji yang diambil dari buahnya dan melalui proses Vegetatif dengan mengambil cara mengambil bagian batang tanaman sebagai cikal bakal tanaman. Setelah bibit tersedia, siapkan juga polybag dan media pengisinya. Media pengisi dibuat dari susunan tanah dan pupuk kompos atau pupuk kandang dengan perbandingan masing-masing 1:1. Campuran media tanam langsung dimasukkan ke dalam polybag, pot, atau karung yang Anda jadikan wadah tampung tanaman. Buatlah lubang, lalu tanam bibit strawberry atau batang strawberry ke dalamnya. Siram bibit tersebut setiap pagi dan sore, setiap hari. Jaga selalu tingkat kelembaban tanah. Selalu cukupi kebutuhan air dari media tanam agar bibit strawberry cepat tumbuh.
Cara Pembibitan 
1. pilih bakal bibit yang tumbuhnya bagus /subur dengan ditandai keluar akarnya dan daun secara sempurna
2. Tanam bibit yang dipotong ke media Pot dan untuk lebih menghindari bibit yang mati /layu lebih baik tanpa memotong dengan membenamkan bibit vegetatif ke pot /media baru
3. setelah dirasa anakan Strawberry sudah berkembang kurang lebih 1 minggu maka percabangan vegetatif dipotong dari induknya agar indukan bisa berkembang kembali


PERAWATAN DAN PEMELIHARAAN

Berikut pedoman perawatan dan pemeliharaan tanaman strawberry:


  • Penyiraman. Siram tanaman strawberry dengan embrat secara rutin dari masa awal tanam hingga memasuki fase generatif. Lakukan penyiraman secara intensif, bila perlu buat jadwal. Pastikan bahwa Anda memelihara angka kelembaban media tanam, jangan sampai tanah kering.
  • Penyulaman. Apabila tanaman strawberry ada yang mengalami gangguan pertumbuhan, tidak tumbuh sempurna, rusak, dan bahkan mati, maka lakukan langkah penyulaman. Ganti tanaman yang mati dengan bibit baru pada polybag yang sama. Penyulaman penting dilakukan untuk mengidentifikasi masalah agar berikutnya tidak lagi terjadi gagal panen.
  • Pemupukan.
    Pohon strawberry yang sedang Anda tanam setelah memasuki usia 2 bulan harus diberikan pupuk untuk mempertahankan kemampuan tumbuhnya. Gunakan pupuk organik atau anorganik sesuai dosis yang ditetapkan. Saat melakukan pemupukan, usahakan agar pupuk tidak mengenai organ tanaman seperti batang, daun, dan buahnya.
  • Pengendalian Hama dan Penyakit. Selain disiram, Anda juga harus memperhatikan keberadaan hama. Jika terlihat ada hama yang menempel pada tanaman, langsung dibuat. Atau Anda bisa juga menyemprotkan pestisida yang dianjurkan untuk tanaman strawberry. Usahakan agar strawberry tidak diganggu oleh burung merpati atau burung-burung lain.
  • Perampelan. Hematnya, perampelan dilakukan ketika ada batang atau tunas tanaman yang tumbuh berlebihan. Cara mengambil bagian vegetatif tanaman yang lebih tersebut adalah dengan memotong 1 – 2 tunas di samping tanaman (yang umumnya merunduk) pada masing-masing pohon. Selanjutnya tunas tersebut bisa ditanam lagi sebagai bibit vegetatif atau dibuang.

CARA AGAR TANAMAN STRAWBERRY CEPAT BERBUAH

Agar tanaman strawberry yang sedang Anda tanam di polybag lebih cepat berbuah, selain melakukan penyiraman dan pemupukan secara rutin, Anda juga perlu melakukan kegiatan yang dinamakan pendangiran dan penyiangan.

Pendangiran dan penyiangan sendiri merupakan kegiatan yang koheren dan kohesif dalam dunia pertanian. Kedua kegiatan ini dinilai dan bahkan diyakini oleh banyak pekebun sebagai faktor penyumbang terbesar dalam suksesnya kegiatan pertanian di seluruh dunia.

Pendangiran dilakukan oleh petani untuk menggemburkan lahannya dengan cara dicangkul kecil-kecil dengan hati-hati, jangan sampai melukai akar tanaman. Sementara penyiangan dilakukan dengan cara mencabut rumput-rumput lihar pada tanah dengan tujuan untuk menjaga lahan atau media tanam selalu bersih sehingga terbebas dari pertumbuhan jamur, penyakit, dan hama parasit.

PEMANENAN

Setelah berumur 2 bulan, bahkan kurang, buah strawberry sudah bisa dipanen. Semuanya bergantung dengan bagaimana perawatannya. Tanaman strawberry yang sudah bisa diambil buahnya mempunyai ciri-ciri umum seperti daging buah terasa kenyal dan empuk saat dipegang. Jika digigit mempunyai rasa yang sedikit asam. Kulit buahnya sudah berwarna merah mudah atau merah tua disertai warna tangkai yang agak cokelat kekuningan.

Pemanenan buah strawberry dilakukan dengan memakai gunting khusus pemetikan buah atau pisau tajam. Petik buahnya dengan alat tersebut, lalu cuci dan dikeringkan menggunakan angin.

No comments

Powered by Blogger.